Skip to main content

Macam-Macam Reptile

          Contoh Hewan Reptile Beserta Penjelasannya


1. Ular (Ordo Uphidia)





Hewan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Pasti kalian sering melihatnya di museum atau di televisi. Ada beberapa spesies dari hewan ini yang sangat berbahaya contohnya, king cobra, cobra, piton, ular sanca kemban.
Beberapa jenis ular yang saya sebutkan tadi sangat berbahaya dan mematikan. Gigitan, lilitan dan racun dari ular tersebut sangat fatal jika mengenai tubuh kita.
Semua spesies ular menyebar di seluruh penjuru dunia baik Benua Eropa, Afrika, maupun Asia. Ular memang tidak mempunyai kaki untuk bergerak dengan cepat. Tetapi jangan remehkan pergerakan hewan yang satu ini.
Karena pergerakanya saat dalam bahaya sangat cepat dan gesit. Itupun bisa dilakukanya di daratan dan di dalam air. Semua jenis ular termasuk golongn hewan karnivora atau pemakan daging. Berikut adalah jenis jenis ular baik yang beracun maupun tidak beracun.

Ular Tidak Berbisa


  • Elaphe Rediata Schlegel/Lanang Sapi

Ular ini mempunyai ciri-ciri pada tubuh bagian ventralnya berwana kekuningan. Terdapat sebuah garis berwarna hitam pada tubuh bagian belakang kepala. Panjang dari ular ini bisa mencapai 2 meter lebih.
Perhatikan pada saat ular ini sedang merasa terancam maka dia akan membentuk tubuhnya seperti huruf S. Tubuhnya akan sedikit mengangkat ke atas dan ia seketika itu akan membuka rahang mulutnya untuk melakukan persiapan menyerang.
Ular ini sering memakan burung dan tikus yang sedang berada disawah. Binatang jenis ini mencari makan pada siang hari. Ular jenis ini bisa kalian jumpai di daerah Sumatera, Pulau Jawa, dan Kalimantan.
  • Gonyosoma oxycephala/Boncleng

Ular ini identik dengan warna nya yg hijau, silver dan kuning seluruh tubuhnya baik atas, depan, bawah, dan samping berwarna hijau, silver dan kuning Ular ini bisa kalian temukan bergelantungan di atas pohon pada siang hari. Tetapi tetap berhati-hati ya warna tubuh dari hewan ini sangat mirip dengan daun.
Uniknya dari ekor ini berbeda dengan warna tubuhnya, ekornya berwarna abu-abu. Hewan ini bisa tumbuh sepanjang 2 meter setengah. Makanan utam dari hewan ini yaitu tikus, telur hewan, dan juga katak, Persebaran hewan ini terdapat pada daerah Sumatera, Pulau Jawa, dan Kalimantan. Hewan ini memiliki bentuk kepala yang oval berbeda dengan ular pada umunya.
  • Dendrelaphis pictus/Tampar Angin

Binatang ini memiliki ciri khas pada tubuhnya yaitu adanya garis coklat yang terdapat dari ujung kepala sampai ujung ekor. Pada bagaian bawah tubuhnya berwarna kuning memanjang. Jika ular ini merasa dirinya sedang terdesak maka akan muncul sebuah bintik putih pada bagian leher.
Lidah ular ini memiliki warna merah dengan bentuk kepala yang oval sama dengan spesies yang di sudah saya jelaskan diatas. Panjang tubuh dari hewan ini mencapai 1 meter dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu besar.
Ular ini bisa anda jumpai di atas pohon pada waktu siang hari. Makanan utama dari hewan ini yaitu cicak, jangkrik, dan serangga yang berukuran kecil lainya. Habitat asli dari ular ini berada di daerah Sulawesi, Sumatera dan Pulau Jawa.

Contoh Ular Berbisa

Ophiophagus hannah/King Cobra



Ular ini sudah terkenal di dunia dengan bisanya yang mematikan. Nama lain ular ini yaitu king cobra dengan panjang hampir 6 meter. Ciri-ciri ular ini berwarna abu-abu putih ada juga yang berwarna abu-abu pekat.
Gerakan yang dikeluarkan ular yang satu ini sangat agresif, berani melawan musuh meski ukuranya lebih besar dari pada dia. Kepalanya berbentuk oval dan ular ini memiliki sisik yang berbentuk besar.
Ciri khas pada hewan reptile yang satu ini terdapat pada lehernya. Biasnya ada gambar mata ada juga yang tidak ada tergantung speiesnya. Hewan reptile ini akan berdiri sepertiga tubuhnya apabila dia sedang bertarung melawan musuh.
Makanan utam dari reptile ini yaitu sesama ular, king cobra bergerak dan mencari mangsa pada siang dan malam hari. Habitat yang ia sukai di daerah yang sangat kering dan mengandung sedikit kapur. Racunnya bisa membunuh manuis dalam waktu kurang dari 5 menit.

Bungarus Candidus/Ular Weling


Ular ini memiliki nama lain yaitu ular weling. Hewan reptile ini terkenal akan gesitnya saat dia bergerak. Hewan ini mempunyai warna yang belang pada tubuhnya dengan panjang mencapi 2 meter setengah.
Hewan ini sangat sensitif dengan adanya cahaya, Habitat dari ular ini berada di swah, sungai dan daerah yang berair. Reptile jenis ini biasnya mencari makan pada waktu malam hari. Makanan utama dari ular ini yaitu belut dan sesam ular.
Populasi dari hewan ini sangat banyak di daerah Sumatera, Sulawesi, Bali, Bawean, dan Singapura. Racun yang dimiliki oleh ular ini 85 % untuk dapat membunuh manusia.

Naja naja sputartix 




Ular jenis ini mempunayi nama lain cobra putih. Reptile ini mempunyai bentuk kepala yang oval dan tubuh yang bulat. Gerakan yang ditunjukan sangat gesit dan tidak pernah takut terhadap musuh yang menyerangnya.
Binatang reptil ini bisa tumbuh mencapai 2 meter setengah. Jika ular ini merasa terancam akan sama seperti king cobra dia akan berdiri dengan 1/3 badanny dengan leher yang terbuka.
Ular cobra putih ini adalah satu-satunya ular yang bisa menyemburkan bisanya sejauh 3 meter. Hewan ini biasa kalian jumpai di daerah persawahan, perkebunan, Tempat yang lembab, dan lubang ditanah.
Ular ini akan mencari mangsa pada siang dan malam hari dengan makanan utamanya seperti tikus dan juga katak. Populasi dari hewan ini yaitu berada di daerah Lombok, Sumbawa, Pulau Jawa dan Bali. Jenis racun pada tubuh ular ini yaitu Neurotoxin dan Haemotoxin. Jenis racun inijauh lebih mematikan dibandingkan dengan ular diatas.

Reptil Sejenis Kadal (Ordo Lacertilia)




Reptil jenis ini mempunyai kulit yang keras, kering dan berduri pada bagian sisiknya. Ukuran dari kadal ini mulai dari yang paling kecil sampai dengan ukuran yang palig besar yaitu komodo. Kadal mempunyai trik khusus untuk melepas kan dirinya dari sang pemangsa. Yaitu dengan cara memutuskan ekornya.
Penasaran ingin tau apa saja jenis kadal yang ada di dunia berikut gambar beserta penjelasnya:

Iguana


Reptil yang satu ini sering kita jumpai di atas pohon. Hewan retil ini pertama kali berasal dari negara Amerika Utara. Seiring berjalanya waktu hewan ini di perkenalkan dan disebar diseluruh negara di berbagai dunia.
Iguna bisa tumbuh sepanjang 1 sampai 2 meter dengan waktu yang cukup lama. Hewan ini adalah perenang terbaik dari jenis kadal yang ada di dunia. Hewan reptile ini memiliki senjata yang digunakan untuk alat perlindungan diri dari musuhnya.
Alat itu adalah cakar yang tajam dang cengkraman yang kuat. Iguana berkembang biak pada musum gugur. Karena disaat itulah musim yang baik untuk berkembang biak bagi spesies iguana.
Reptile jenis ini mampu memproduksi jumlah telur mencapai 28 sampai 40 butir telur setiap kali masa kawin. Dalam hal penetasnya membutuh waktu sekitar kurang lebih 3 bulan. Setiap bayi iguanan yang abru menetas mempunyai panjang kurang lebih sekitar 20 centimeter.

Komodo



Spesies yang satu ini merupakan jenis kadal terbesar yang pernah ada. Hewan reptile yang satu ini bisa tmbuh dewasa dan panjangnya bisa mencapai 5 meter. Berat dari komodo yang sudah dewasa mencapai 150 kg.

Ukuran badan yang besar tidak berpengaruh untuk kecepatan dan kelincahan hewan yang satu ini. Makanan dari hewan ini adalah babi, kijang, dan sejenis bangkai yang lainya. Sebagai phewan yang berukuran besar komodo adalah penyerang yang agresif dan tangguh.
Di negara indonesia hewan ini memiliki tempat tersendiri yaitu pulau komodo. Di pulau tersbut banyak sekali jenis komodo yang hidup liar disana.

Buaya (Ordo Krokodilia)

Buaya adalah jenis reptil yang sangat ditakuti oleh manusia. Spesies dari buaya ini sendiri ada banyak sekali jenisnya. Setiap jenis berbeda beda ukuran badan dan bentuknya. Semua hewan reptil berbahaya semua tidak ada yang jinak.
Maka dari itu apabila kalian bertemu dengan hewan yang masih tergolong reptil lebih baik menghindar saja. Makanan utama dari buaya ini adalah daging yang masih segar atau bisa jadi kepala ayam.

Buaya adalah spesies reptil yang terkenla akan gigitanya yang mematikan. Gigitan tersebut didukung dengan adanya rahang dan bentuk gigi yang runcing. Dinegara kita ada beberapa jenis buaya yang hidup dan berkembang biak diantaranya :

   Buaya Muara


Buaya muara sering ditemukan di negara Indonesia ini terutama di wilayah rawa dan sungai. Buaya ini memiliki nama latin yaitu Crocodylus Porosus. Reptil yang satu ini adalah jenis reptil yang memiliki ukuran badan paling besar.
Buaya muara adalah spesies yang sangat ganas dari pada spesies yang lainya. Buaya ini populalitasnya bisa ditemukan di luar negeri tepatnya di daerah Teluk Benggala hingga Fiji.
 . Buaya irian

Jenis buaya yang satu ini hanya ada di wilayah irian jaya papua dan papua nugini. Bentuk tubuh reptil ini mirip dengan buaya muara. Namun perbedaanya pada ukuran badan nya buaya irian memiliki bentuk badan yang lebih kecil.
Sedangkan buaya mura mempunyai bentuk tubuh yang besar dan panjang. Itulah perbedaan dari buaya irian dan buaya muara.
 . Buaya kalimantan

Jenis buaya ini sama dengan buaya-buaya sebelumnya. Tetapi tempat penemuannya saja yang berbeda. Jika buara muara banyak ditemukan di wilayah indonesia dan buaya irian di ketemukan di daerah irian jaya.
Buaya ini di temukan di wilayah Kalimantan timur dan kalimantan selatan. Habitat buaya ini berada di rawa dan sungai berarus tenang.

 Buaya Sahul




Hewan reptil yang satu ini disebut sebagai buaya terbesar pada papua bagaian selatan. Menurut warga sekitar buaya ini masih tergolong jenis buaya irian.
Namun menurut pendapat dari seorang ahli taksonomi mengatakan bahwa buaya ini di jadikan sebagai spesies tersendiri.

Buaya Senyulong



Buaya jenis ini adalah buaya yang memiliki ukuran terbesar di Sumatera, Kalimantan dan juga Pulau Jawa. Buaya jenis ini berbeda dengan buaya pada umumnya. Perbedaannya berasal dari moncongnya buaya pada umumnya moncongnya tidak terlalu panjang.

Buaya Senyulong ini memiliki moncong yang sangat panjang dan berbentuk runcing. Gigi dari buaya ini sangat lancip dan tajam. Hewan reptil ini termasuk golongan binatang yang buas dan agresif.
 . Buaya Mindoro

Buaya ini mempunyai nama lain yaitu Crocodylus Mindorensis. Hewan reptile ini merupakan subspesies dari buaya irian yang berasal dari papua. Mulai sekarang buaya ini di tetapkan sebagai jenis spesies tersendiri.
Buaya ini pertama kali ditemukan di wilayah Sulawesi bagian Timur dan Sulawesi bagian Tenggara. Bentuk tubuh dari buyaya ini hampir sama dengan buaya pada umumnya.

Kura-Kura (Ordo Chelonia)

Binatang reptil yang satu ini mempunyai ciri khas pada tubuhnya yaitu tempurung yang ada di punggungnya. Hewan ini berjalan sangat lambat, spesies dari hewan ini ada banyak sekali.
Jenis spesies kura-kura ada juga yang di pelihara oleh manusia. Beberapa di diantaranya adalah jenis kura-kura hias. Berikut gambar dan juga penjelasanya.
 . Alligator Snapping

Spesies dari kura-kura yang memiliki bentuk tubuh menyerupai seekor buaya. Tetapi bedanya pada panjang tubuh dan ukuran badanya. Kura kura identik lebih kecil dibandingkan dengan buaya pada umumnya.
Kura-kura ini adalah jenis yang menyeramkan di dukung dengan bentuk tubuhnya. Kura kura ini sangat agresif saat melakukan penyerangan terhadap musuhnya.

. Asian Forest Tortoise



Spesies hewan reptil ini bisa kalian temukan di wilayah Asia lebih tepatnya negara kita sendiri Indonesia. Ciri khas dari hewan repti ini terdap;at pada tempurungnya.

Warna tempurung nya yaitu hijau sedikit gelap. Karena warna tempurung spesies ini berbeda dengan yang lain. Habitat dari kura-kura jenis ini yaitu berada di semak-semak belukar.
 . Forsten’s Tortoise

Binatang reptil jenis foresten’s Tortoise ini banyak dijumpai di daerah Sulawesi dan juga Halmahera. Tempat yang disukai oleh kura-kura jenis ini adalah tempat yang lembab.

. Trachemys sricpta elegans



Hewan ini biasanya bis akita temukan di toko-toko hewan hias. Karena jenis ini banyak yang membudidayakanya di indonesia. Peminat dari hewan ini sangatlah banyak.

Harga dari kura-kura ini relatif murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Motif yang terdapat pada tempurung nya sangat bagus ada warna kuning dan coraknya.



                         Jangan Lupa Like Follow Dan KomentarnyaJ.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Reptile

    Pengertian, Struktur Tubuh, Ciri, Dan Klasifaksi Reptile Selamat datang di Tentang Reptile, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmun tentang  Reptil , Beberapa Pembahasan utama pada postingan kali ini adalah  Pengertian Reptil , Struktur Tubuh Reptil ,  Ciri – Ciri Reptil , dan  Klasifikasi Reptil . Semoga Ilmunya dapat bermanfaat. A. PENGERTIAN REPTIL Umumnya kita mengenal hewan reptile seperti ular dan buaya. Selain kedua hewan tersebut, masih banyak lagi jenis-jenis reptile di lingkungan sekitar kita. Nah, apa sih definisi dari reptile? Istilah reptile berasal dari kata Reptum yang artinya melata. Reptile juga termasuk tetrapoda yaitu hewan berkaki empat. Jadi,  Reptil merupakan organism vertebrata (bertulang belakang) yang melata dan sebagian berkaki empat, memiliki sisik yang menutupi seluruh permukaan tubuhnya dan bersifat poikiloterm (berdarah dingin). Menurut para ahli, reptile merupakan organism pert